Iriana Jokowi: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Nasional

TrubusNews
Thomas Aquinus
20 Juli 2018   13:30 WIB

Komentar
Iriana Jokowi: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Nasional

Iriana Jokowi saat mengunjungi salah satu stand pameran KKI (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bank Indonesia (BI) mengadakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 menampilkan kerajinan UMKM binaan Bank Sentral. Acara yang digelar untuk ketiga kalinya ini bertujuan untuk memajukan UMKM dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo, yang didampingi Ibu Wakil Negara Mufidah Jusuf Kalla dalam sambutannya menyatakan, UMKM adalah tulang punggung perekonomian nasional yang sanggup menjaring banyak tenaga kerja. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan yang baik dalam berinovasi maupun dalam pemasaran produk.

"Seiring persaingan global UMKM harus terus meningkatkan inovasinya. Harus bisa juga untuk mengembangkan online," katanya di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (20/7).

Baca Lainnya : Pengelola Rest Area Sarankan UMKM Jualan Produk Ini Agar Lebih Diminati

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, penyelenggaraan ini untuk mendorong perluasan akses ekonomi kreatif ke pasar nasional, bahkan global.

"Hal ini juga, yang menyebabkan tema KKI 2018 yakni Sinergitas Pengembangan Karya Kreatif Indonesia Menembus Pasar Global," kata Perry.

Menurutnya, sesuai arahan Iriana, BI terus mendorong munculnya pelaku usaha muda kreatif yang dapat menjadi motor penggerak ekonomi daerah, memperluas akses pasar termasuk ekspor, menciptakan pengusaha wanita yang tangguh, serta mengangkat citra budaya daerah.

"Menindaklanjuti arahan Ibu Negara tersebut, Bank Indonesia melalui program UMKM unggulan telah mendorong terciptanya usaha kreatif yang mengangkat budaya daerah dan melebarkan sayapnya dari pasar lokal dan nasional ke pasar global," terangnya.

Baca Lainnya : Menteri BUMN Tegaskan Tiap Rest Area Harus Sediakan Tempat Bagi UMKM

Perry berharap KKI dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk UMKM kreatif Indonesia, meningkatkan potensi pasar industri kreatif dengan sasaran kaum muda dan wanita aktif dan dinamis, serta mendorong lahirnya pelaku usaha.

"Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah pada industri kreatif yang berpotensi untuk memiliki akses ke pasar global," ujarnya.

Pameran KKI 2018 seniri tanpa dipungut biaya dan diselenggarakan mulai Jumat, 20 Juli hingga Minggu, 22 Juli 2018 di JCC Senayan. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Trubus Dorong Kemandirian Pangan Keluarga dengan Tabulampot

Pendampingan   08 Agu 2020 - 16:11 WIB
Bagikan:          

Babad Bina Swadaya, Awal Mula Berdirinya Bina Swadaya

Pendampingan   04 Agu 2020 - 15:15 WIB
Bagikan:          
Bagikan: