Kurangi Risiko, Warga Tabalong Kalsel Bentuk Kampung Siaga Bencana

TrubusNews
Ihsan Maulana
18 Juli 2018   18:00 WIB

Komentar
Kurangi Risiko, Warga Tabalong Kalsel Bentuk Kampung Siaga Bencana

Ilustrasi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan baru-baru ini membentuk Kampung Siaga Bencana di Desa Bintang Ara Kecamatan Bintang Ara. Langkah ini dilakukan sebagai upaya penyadaran dan peningkatan kemampuan masyarakat terhadap penanganan bencana.
   
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong, Yuhani mengatakan pembentukan Kampung Siaga Bencana ini bertujuan untuk mengurangi risiko bencana alam dan lainnya yang terjadi di wilayah tersebut. 
   
"Jadi dengan ini, masyarakat bisa lebih siap dalam menghadapi bencana dengan terbentuknya Kampung Siaga Bencana," ujar Yuhani, Rabu (18/7).

Baca Lainnya : Mensos Dukung Kampung Siaga Bencana di Bogor
   
Pembentukan kampung siaga bencana ini menjadi penting, mengingat Kabupaten Tabalong terdiri dari 12 kecamatan yang berpotensi besar terjadi bencana banjir
   
Kampung Siaga Bencana di Desa Bintang Ara sendiri menjadi yang ketiga setelah sebelumnya terbentuk di Kecamatan Banua Lawas dan Haruai.
     
Dalam pembentukan Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Bintang Ara, yang dihadiri Kadinsos Provinsi Kalsel, Adi Santoso ini, ia berharap kedepannya ada jaminan layanan bagi masyarakat korban bencana.

Baca Lainnya : Lewat Pendampingan Berbagai Pihak, Kampung Rimba Jaya Papua Jadi Desa Gemar Membaca
     
"Masyarakat kampung siaga bencana tetap efektif di lapangan pada saat bencana terjadi," papar Adi.

Kemudian pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan berupa satu tenda pleton, tiga tenda keluarga, 20 tenda gulung, 50 matras, dan 50 selimut. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: