UMKM Indonesia Berpotensi Kalahkan Alibaba dengan Go Online

TrubusNews
Astri Sofyanti
17 Juli 2018   20:15 WIB

Komentar
UMKM Indonesia Berpotensi Kalahkan Alibaba dengan Go Online

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Bank Indonesia (BI) dalam waktu dekat ini berencana mengeluarkan insentif untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada semester II-2018. Pemberian insentif ini diharapkan meningkatkan daya saing UMKM lokal. Bahkan BI ingin UMKM lokal kalahkan Alibaba Group.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Departemen Pengembangan UMKM BI Yunita Resmi Sari yang mengatakan, pemberian insentif kepada pelaku UMKM bertujuan untuk peluasan pasar UMKM menuju ke e-commerce.

“Kami berupaya mengedukasi pelaku UMKM lokal untuk go e-commerce, untuk melakukannya, kami akan mengakomodir supaya mereka bisa kesana. Kami juga akan memberikan pendampingan dan pengenalan masuk ke e-commerce, karena kami tidak bisa memberikan insentif dalam bentuk likuiditas," kata Yunita di Jakarta, Selasa (17/7).

Baca Lainnya : Pendampingan UMKM Harusnya Tidak Sebatas Bazar dan Pameran

Guna mendukung agar UMKM bisa secepatnya masuk ke e-commerce, pemerintah akan mulai mendorong lebih dari 8 juta pelaku UMKM untuk segera go online.

Diharapkan para pelaku industri kreatif yang masih berstatus UMKM turut bergabung agar bisa mengalahkan perusahaan e-commerce asing.

"Kalau semua bisa masuk ke online, Alibaba bisa kalah," paparnya.

Baca Lainnya : UMKM Perintis di Dumai Dapat Bantuan Pembinaan Dana Pemkot

 Selain itu, BI juga akan memberikan insentif lain dalam rangka mendukung UMKM adalah memproteksi hak cipta dan akses keuangan pelaku UMKM.

"Hal ini karena yang banyak terjadi sekarang banyak pelaku UMKM enggan ikut pameran-pameran karena takut produk-produknya dijiplak pihak lain,” tutupnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: