Kementan Dukung Pertanian Warga dari Pinggir Sungai BKT

TrubusNews
Thomas Aquinus
17 Juli 2018   07:00 WIB

Komentar
Kementan Dukung Pertanian Warga dari Pinggir Sungai BKT

Mentan dan masyarakat menaman sayur mayur di bantaran sungai BKT (Foto : Dok Kementan)

Trubus.id -- Ada cara berbeda yang dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam menjaga dan meningkatkan pasokan sayur-sayuran khususnya cabai di Ibukota DKI Jakarta. Caranya adalah dengan menggerakkan program menanam di bantaran sungai Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Amran sekaligus juga memberikan bantuan bibit sayur-sayuran seperti cabai, bayam, terong, kangkung, tomat, pompa air, alat semprot dan cultivator, baru-baru ini.

Bantaran sungai BKT sepanjang 25 kilometer atau seluas 50 ha itu, dinilai Amran memiliki potensi lahan pertanian yang dapat dikelola menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Baca Lainnya : Ini Dia Program Keren Kementan Atasi Krisis Petani Muda

“Ini menarik. Pinggir sungai dapat kita manfaatkan sebagai KRPL percontohan. Kita bikin bantaran ini cantik, ditanami sayuran. Tahun lalu, ada 1,5 ribu KRPL di berbagai daerah. Tahun ini kita tingkatkan,” ujarnya.

Menurutnya, jika pinggir sungai BKT penuh ditanami cabai, bisa menyuplai kebutuhan di Jakarta hingga mencapai 40 sampai 50 persen.

“Keuntungan lainnya, masyarakat akan mendapat pendapatan dan Pemerintah Daerah (Pemda) tidak perlu lagi membersihkan pinggir sungai,” ujarnya seperti yang diinformasikan Kementan.

Baca Lainnya : Dorong Produktivitas Pertanian, Kemenkop dan UKM Berkolaborasi dengan Kementan

Seluruh bantuan budidaya dan pendampingan diberikan secara gratis oleh Kementerian Pertanian. Ini juga sekaligus berntuk nyata komitmen pemerintahan Jokowi-JK guna meningkatkan produksi dan stabilitas harga pangan.

“Ini akan menjadi percontohan, nanti akan masuk di daerah lain. Negara kita ini kaya, lahan tersedia banyak. Kita manfaatkan lahan dan air, kita tidak bakal kekurangan pangan, khususnya cabai, tidak mungkin kekurangan,” pungkasnya. [NN] 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Cegah Virus Corona, Kemendes PDTT Bentuk Desa Tanggap Covid-19

Pendampingan   26 Mar 2020 - 08:37 WIB
Bagikan:          
Bagikan: