Pemkab Bangka Dorong Petani Manfaatkan Bekas Tambang Timah Untuk Budidaya Ikan

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
13 Juli 2018   17:15

Komentar
Pemkab Bangka Dorong Petani Manfaatkan Bekas Tambang Timah Untuk Budidaya Ikan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus mendorong petani setempat memanfaatkan bekas tambang timah "kolong" sebagai tempat membudidayakan ikan air tawar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Selama ini para petani belum memanfaatkan secara maksimal 'kolong-kolong' untuk usaha budi daya ikan air tawar," ujar Bupati Bangka, Tarmizi Saat Jumat (13/7).

Baca Lainnya : Ini Dia Program Keren Kementan Atasi Krisis Petani Muda

Ia menjelaskan, pemanfaatan "kolong" ini akan menguntungkan petani, karena mereka tidak perlu lagi membangun kolam dan ketersediaan air yang memadai untuk pembesaran dan pembibitan ikan air tawar.

"Jadi petani hanya cukup melakukan pengapuran dan pemupukan menggunakan pupuk kandang, guna menstabilkan PH atau keasaman air bekas tambang tersebut," imbuhnya.

Baca Lainnya : Mentan Serahkan 500 Ton Bibit Kepada Petani yang Gagal Panen di Sulawesi Selatan

Ia kembali mengingatkan, saat ini usaha pembibitan dan pembesaran ikan air tawar cukup menjanjikan di Bangka, karena ketersediaan ikan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi.

"Memang selama ini untuk memenuhi konsumsi air tawar masyarakat, kita masih mengandalkan pasokan dari Pulau Sumatera, sehingga harga ikan di pasaran terus mengalami kenaikan," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

607 Infrastruktur Kaltim Dibangun dari Dana Desa

Binsar Marulitua   Pendampingan
Bagikan:          
Bagikan: