Lewat Pendampingan Berbagai Pihak, Kampung Rimba Jaya Papua Jadi Desa Gemar Membaca

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
13 Juli 2018   15:30

Komentar
Lewat Pendampingan Berbagai Pihak, Kampung Rimba Jaya Papua Jadi Desa Gemar Membaca

Ilustrasi (Foto : Pixabay/ sasint)

Trubus.id -- Kampung Rimba Jaya yang terletak di Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua saat ini telah menjadi desa percontohan gemar membaca di tanah Papua.

"Hal ini bisa terwujud berkat dukungan pembentukan kampung gemar membaca Rimba Jaya yang didukung penuh LSM Rumsram dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)," ujar Kepala Kampung Rimba Jaya, Yakob Barth Morin di Biak, Jumat (13/7).

Ia menjelaskan, untuk mendorong anak-anak gemar membaca, di kampung Rimba Jaya sudah disediakan sebuah ruang perpustakaan di balai desa setempat. Dan untuk pengadaan buku bacaan di perpustakaan kampung, Morin menyebutkan pihaknya telah mengalokasikan dana sebesar Rp3 juta yang berasal dari dana desa.

Baca Lainnya : Danny Setyawan , Berdayakan Warga Melalui Rumah Baca Sangkrah

Morin meyakini dengan tersedianya perpustakaan kampung bisa mencerdaskan masyarakat melalui gerakan gemar membacanya.

Ia menyebut keberadaan gedung perpustakaan di Kampung Rimba Jaya Distrik Biak Timur sangat mendukung program minat baca masyarakat khususnya bagi kalangan anak-anak di desa bersangkutan.

Baca Lainnya : Warga Desa Pabangbon Bogor Merasa Sangat Terbantu dengan Kegiatan Laskar Baca

Pemerintah daerah, lanjut Morin, telah berupaya dalam meningkatkan mutu kualitas SDM, salah satunya dengan menyediakan sarana kendaraan perpustakaan keliling, dengan tujuan menumbuh kembangkan minat baca pelajar dan masyarakat.

"Saya yakin jika pertumbuhan minat baca anak bertambah secara otomatis mutu kualitas SDM berkualitas, ini semua tentunya sangat terkait dengan pendidikan secara tidak langsung," sambungnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: