Jabar Raih Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2018

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
12 Juli 2018   14:00

Komentar
Jabar Raih Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2018

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa (kanan) menerima langsung Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2018 dari Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah RI Puspa Yogapada (Foto : Dok Humas Setda Jabar)

Trubus.id -- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa tadi malam menerima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM Tahun 2018, dari Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah, Puspa Yoga pada rangkaian Peringatan Hari Koperasi Nasional ke 71, di The Grandtage Hotel BSD City.

"Jadi penghargaan yang diterima saya tadi malam bukan saja untuk diri sendiri tetapi juga bagi seluruh insan koperasi di Jawa Barat. Nah selanjutnya bagaimana koperasi di Jawa Barat dapat terus dikembangkan," ujar Iwa Karniwa, dalam siaran persnya, Kamis (12/7) .

Diketahui, Iwa terpilih menjadi salah satu penerima Penghargaan Bakti dan UKM Tahun 2018 karena sebagai Ketua Koperasi Konsumen Praja Sejahtera, ia mampu meningkatkan laba koperasi 10 kali lipat, dari laporan keuangan tahun 2016 - 2017.

Baca Lainnya : Peringati Hari Koperasi, Puspayoga Ziarah ke Makam Bapak Koperasi RI

"Diharapkan, dengan adanya koperasi di Jawa Barat mampu memperbaiki sistem manajemen koperasi masing-masing, tingkatkan profesionalisme dan tingkatkan pasar di masyarakat," paparnya.

Di sisi lain, Ketua Penyelenggara dari acara Kementerian Koperasi dan UKM RI ini, Utung Pamuluh menjelaskan, Penghargaan Koperasi Berprestasi ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan atas kinerja koperasi dalam kurun waktu tertentu dan memberikan motivasi pada koperasi untuk menjadi lebih baik. Juga meningkatkan citra koperasi di masyarakat.

Mekanisme penilaiannya berdasarkan pada Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor. 6 Tahun 2006 tentang Pedoman Pemilihan Koperasi Berprestasi.

Baca Lainnya : Membanggakan, Primkoppol Polres Banjarbaru Koperasi Paling Sehat

Untuk teknis pelaksanaannya, sesuai usulan dari masing-masing provinsi, dari 34 provinsi hanya 7 provinsi yang tidak mengusulkan Koperasi Berprestasi Tahun 2018 yakni Provinsi Papua, Provinsi Papuan Barat, Provinsi NTT, Provinsi NTB, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Utara.

"Persayaratan dan penilaian meliputi aspek kelembagaan, aspek usaha dan aspek keuangan. Sebanyak 50 koperasi di Indonesia yang menerima penghargaan Koperasi Berprestasi, dengan rincian jenis koperasi simpan pinjam sebanyak 11 koperasi, jenis koperasi konsumen 18 koperasi, jenis koperasi produsen 10 koperasi, jenis koperasi pemasaran 4 koperasi, dan jenis koperasi jasa sebanyak 7 koperasi, " tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Upaya Kemkominfo Dukung UMKM Go Online

Ihsan Maulana   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan:          

Warga Semen Gresik Kembangkan Koperasi Kekinian

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: