Kisah Sukses Usaha Tenun Ikat NTT Yus dan Dorce Bermodal Rp20 Ribu

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
12 Juli 2018   08:30

Komentar
Kisah Sukses Usaha Tenun Ikat NTT Yus dan Dorce Bermodal Rp20 Ribu

Rumah tenu Ina Ndao, NTT (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Yus Lusi bersama sang istri, Dorce Lusi, pendiri sentra tenun Ina Ndao di kota Kupang, NTT mengungkapkan, membangun usaha secara bersama memang tidak mudah. Menurutnya yang dibutuhkan adalah modal, ketekunan, serius dan konsistensi menjaga kualitas produk. 

Usaha bersama Yus Lusi sendiri dibangun di bawah payung koperasi bisnis dengan anggota UKM yang mayoritas masih pemula dengan pemahaman koperasi yang sangat minim. 

Berangkat dari modal Rp20.000, pada tahun 1991 Yus dan Dorce berani mendirikan usaha tenun Ina Ndao. Dengan modal terbilang minim tersebut dipakai untuk membeli benang sebagai bahan baku menenun. 

Baca Lainnya : Pasangan Suami Istri Ini Sukses Tingkatkan Usaha Sandal Miliknya

Namun siapa sangka, Ina Ndao saat ini telah mampu mendidik ribuan UKM tenun dan "meminjamkan" modal usaha bagi 200-300 UKM tenun dengan besaran Rp1 juta– Rp5 juta per UKM tenun setiap tahunnya di wiayah Kota Kupang dan sekitarnya. 

Saat memulai usaha tenunnya, Yus menceritakan awal mulanya ia hanya bertiga bersama istri dan seorang rekan lainya. Lalu, mertua dan sang ibu juga diajak Yus dan Dorce turut serta mengembangkan usaha tenun ikat tersebut.

(Foto: Instagarm tenuninandao)

"Memang, di tahun-tahun awal penjualan sangat minim. Satu bulan mungkin laku satu-dua lembar kain saja seharga 50 ribu hingga 60 ribu per lembar. Itu berjalan sepanjang tahun," ujar Yus seperti dilansir dari wartaekonomi.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Nino 12 Juli 2018 - 09:32

Wow, sangat menginspirasi... selamat dan sukses.

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: