Puncak Hari Koperasi Nasional ke 71 Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
11 Juli 2018   19:45

Komentar
Puncak Hari Koperasi Nasional ke 71 Akan Dirayakan di Istana Kepresidenan

Kementerian Koperasi dan UKM RI (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Hari Koperasi Nasional yang puncaknya jatuh pada 12 Juli 2018 akan dirayakan di Istana Kepresidenan dan menghadirkan para pelaku koperasi terbaik di Indonesia.

"Ada yang berbeda dalam perayaan Hari Koperasi Nasional tahun ini yaitu para pelaku koperasi akan masuk Istana dan bersilaturahmi langsung dengan Presiden," ujar Sekretaris Jenderal Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang juga Sekretaris Panitia Hari Koperasi Nasional 2018, Neddy Halim.

Pada kesempatan tersebut direncanakan koperasi besar yang hadir dapat mempresentasikan keberhasilan yang bisa menjadi perhatian Presiden.

Baca Lainnya : Membanggakan, Primkoppol Polres Banjarbaru Koperasi Paling Sehat

Menurutnya, 71 tahun berdirinya koperasi sudah saatnya untuk menunjukkan kekuatan koperasi di Indonesia sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi yang nyata. 

Neddy mencontohkan sudah ada beberapa koperasi Indonesia yang mampu menembus jajaran koperasi besar dunia, ada pula koperasi yang memiliki aset triliunan rupiah dengan anggota mencapai ribuan, hingga koperasi yang memiliki anak usaha yang sukses melantai di pasar bursa.

 "Tema yang diusung pada Hari Koperasi Nasional ke-71 adalah Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional," ujarnya.

Baca Lainnya : HUT ke-71 Koperasi Tingkat NTT Dilaksanakan di Manggarai

Pemilihan lokasi Istana sebagai tempat pelaksanaan acara puncak Harkopnas, dikatakan Neddy sebagai bentuk bahwa koperasi telah setara dengan badan usaha yang lain. "Kita ingin tunjukkan bahwa bukan hanya BUMN atau perusahaan swasta besar saja yang bisa diterima di Istana tapi kita juga harus tunjukkan bahwa koperasi juga mampu," ujarnya.

Namun, sampai saat ini masih menunggu kepastian dari Kementerian Sekretariat Negara untuk teknis. "Kemungkinan akan di Istana Kepresidenan Bogor yang bisa menampung banyak para pelaku koperasi," ujarnya.

Acara puncak, kata Neddy, akan dirangkai dengan Harkopnas Expo di ICE BSD Tangerang Banten, pasar rakyat, jalan sehat, bakti sosial, ziarah ke Makam Bung Hatta, Bapak Koperasi Indonesia, dan renungan suci di Tugu Koperasi Tasikmalaya oleh Dekopin Wilayah Jawa Barat.

Baca Lainnya : Ini Bukti Koperasi Mulai Berevolusi ke Ranah Dunia Digital

"Selain itu ada pula diskusi dan seminar koperasi nasional. Kemudian pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi serta penghargaan para tokoh yang dianggap berjasa membangun koperasi dan UKM," ujarnya.

Neddy menginginkan pelaksanaan Harkopnas tahun ini bukan sekadar seremoni saja, namun berlanjut khususnya bagi para pelaku koperasi untuk unjuk diri sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Upaya Kemkominfo Dukung UMKM Go Online

Ihsan Maulana   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan:          

Warga Semen Gresik Kembangkan Koperasi Kekinian

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan: