Tidak Semua Pelaku Usaha Punya HAKI, Bekraf Bikin Program Sosialisasi

TrubusNews
Ihsan Maulana
05 Juli 2018   22:00 WIB

Komentar
Tidak Semua Pelaku Usaha Punya HAKI, Bekraf Bikin Program Sosialisasi

Tidak sedikit produk UMKM yang sudah berhasil menembus pasar global dan mancanegara. (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Di era digital seperti sekarang, pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin banyak dan berkembang. Semua pelaku UMKM memiliki produk unggulannya masing-masing. Bahkan, tidak sedikit yang sudah berhasil menembus pasar global dan mancanegara.

Meski demikian, tidak semua pelaku usaha mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Menurut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak memahami HAKI.

Baca Lainnya : Pajak 0,5 Persen Sudah, Kini Pelaku UMKM Butuh Dampingan Pembukuan

"Biasanya, mereka baru paham kalau sudah menghadapi masalah. Nah masalahnya, itu yang sering terjadi," kata Robinson Hasoloan Sinaga, Direktur HAKI, Bekraf, di Jakarta, Kamis (5/7).

Tidak ingin hal serupa terjadi di kemudian hari, Robinson mengatakan jika saat ini sedang dirancang program sosialisasi mengenai fasilitasi pendaftaran hak kekayaan intelektual, khususnya di bidang ekonomi kreatif agar masyarakat memahami perlindungan hukum ini.

Baca Lainnya : Harapan Jokowi pada Pengusaha Soal Penurunan Pajak PPh Final UMKM

"Jangan sampai pelaku usaha baru sadar ketika sudah menghadapi masalah terkait HAKI. Kalau seperti itu, sudah terlambat," tuturnya di Jakarta, Kamis (5/7).

Ia melanjutkan, "Karena itu, perlu ada upaya prosedur dan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan HAKI." [DF]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: