Ini Kata Mendes Soal Perkembangan Dana Desa Selama Ini

TrubusNews
Ihsan Maulana
14 Mei 2018   15:00 WIB

Komentar
Ini Kata Mendes Soal Perkembangan Dana Desa Selama Ini

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo (Foto : Foto : Trubus.id/Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi beserta Kementerian Dalam Negeri dan pihak terkait lainnya mengadakan Rapat Koordinasi Nasional, yang bertema "Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan Pelaksanaan Program Padat Karya Tunai" di JIExpo, Kemayoran. Senin (14/5).

Ditemui di sela acara, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo memaparkan pencapaian dana desa yang sudah bergulir sejak tahun 2015 itu.

Baca Lainnya: Ini Pesan Khusus Jokowi Soal Pemanfaatan Dana Desa

"Jadi hari ini kita kumpulkan lebih dari tujuh ribu perangkat desa terbaik dari seluruh Indonesia, dan sebagaimana kita ketahui penyerapan dana desa jauh lebih baik sekarang. Dalam empat tahun terakhir Presiden Jokowi juga menyalurkan lebih dari Rp 180 T ke desa," ujar Eko di lokasi, Senin (14/5).

Eko menambahkan, dua bulan lalu desa-desa di Indonesia juga mendapatkan rekor MURI untuk pencapaian infrastruktur di Indonesia.

"Seperti pembangunan jalan desa yang jumlahnya ratusan ribu kilometer, sarana air bersih, posyandu, dan sebagainya," lanjut Eko.

Baca Lainnya: Jokowi: Program Padat Karya Tunai Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Selain itu, dalam tiga tahun ini Mendes menyebutkan BPS mencatat angka kemiskinan desa turun dari yang sebelumnya sebanyak 27 juta jiwa, menjadi 17 juta jiwa. Dari data Kementerian Kesehatan, angka stunting juga disebutnya turun dari 37 persen jadi 27 persen. Hal itu dikarenakan adanya pembangunan infrastruktur pendukung seperti MCK, sarana air bersih, dan sebagainya.

"Presiden juga meminta agar dana desa bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, dan program padat karya tunai menggunakan material lokal beserta pekerjanya juga, sehingga dana Rp 180 T itu berputar di desa dan mensejahterkan kehidupan masyarakat desa," tutupnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Syarat Pengembangan Desa Pesisir Menjadi "Dewi Bahari"

Pendampingan   18 Mei 2020 - 13:21 WIB
Bagikan: