Dengan PKH, Keluarga Kurang Mampu di Bengkulu Kini Mandiri

TrubusPreneur
By Binsar Marulitua | Followers 0
11 Mei 2018   16:45

Komentar
Dengan PKH, Keluarga Kurang Mampu di Bengkulu Kini Mandiri

Penerima PKH Bengkulu Utara. (Foto : Foto: Doc/ Kemensos RI)

Trubus.id -- Pemerintah terus menggelontorkan bantuan untuk masyarakat kurang mampu melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Kali ini, warga  di Kota Bengkulu yang menerima PKH langsung dari Menteri Sosial RI.

Penyerahan bantuan sosial bersyarat triwulan pertama tahun 2018 ini diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Idrus Marham, Jumat (11/5). Dalam sambutannya, Idrus berharap para penerima bantuan memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik mungkin.

Baca Lainnya: Pendamping PKH Harus Mampu Lawan Hoaks dan Tingkatkan Kualitas Hidup Keluarga

"Kami titip bantuan dari pemerintah ini untuk dipergunakan sebaik mungkin," kata Idrus dihadapan 500 keluarga penerima manfaat PKH yang hadir di Balai Semarak, Kota Bengkulu, Jumat (11/5).

Sebanyak 10 ibu rumah tangga penerima manfaat program PKH menerima secara simbolis bantuan sosial yang sudah ditransfer ke rekening masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap keluarga mendapat dana bantuan sosial Rp 1,9 juta per tahun yang dibagi dalam empat fase dalam 1 tahunnya.

Dalam kesempatan itu, seorang penerima PKH, Yuyun Safitri warga Kelurahan Anggut juga memberikan kesaksikan tentang manfaat yang diterimanya dari PKH. Dana bantuan sosial tersebut dipergunakan Yuyun untuk memulai usaha rumah tangga skala kecil yakni pembuatan oleh-oleh makanan khas Bengkulu.

"Kini kami sudah bisa mandiri dan mampu menyewa ruko untuk berjualan produk yang kami buat dan sudah mempekerjakan seorang karyawan," kata Yuyun.

Menanggapi kesaksian Yuyun tersebut, Menteri Idrus pun menyampaikan apresiasinya dan meminta keluarga penerima manfaat lainnya menjadikan pengalaman Yuyun dan keluarganya sebagai inspirasi.

Baca Lainnya: Hore, Kemensos Berencana Tingkatkan Penerima PKH Pada 2019

Pemerintah memulai PKH sejak 2007 sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Program ini membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. 

Manfaat PKH juga dirasakan penyandang disabilitas dan lanjut usia.. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: