UMKM Harus Go Public Sekarang Juga, Pakar Ekonomi Sebut Semua Pihak harus Terlibat

TrubusPreneur
By Astri Sofyanti | Followers 1
04 Mei 2018   14:30

Komentar
UMKM Harus Go Public Sekarang Juga, Pakar Ekonomi Sebut Semua Pihak harus Terlibat

Ilustrasi (Foto : Foto: Trubus.id/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Geliat di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini semakin menunjukan eksistensinya ditengah gempuran produk-produk impor yang menguasai pasaran Indonesia. Oleh karena itu, Pakar Ekonomi Universitas Surabaya (Ubaya) Bambang Budiarto menilai tumbuh kembang UMKM butuh dukungan dari berbagai pihak.

Bambang menyebut, dukungan kepada UMKM ini bisa membuka jalan untuk pemasaran produk UMKM unggul secara go online, yakni dengan memberikan kemudahan perizinan serta kesempatan para pelaku UMKM untuk bisa go publik.

“Sudah saatnya sektor UMKM mendapat dukungan dari semua pihak,” ungkapnya kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Baca Lainnya: Peduli UKM, Anne Avantie Sertakan Produk Dampingan Lapas Bulu Dalam Pameran Karya Anak Negeri

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan jika saat ini belum banyak UMKM lokal yang bisa go publik, kondisi ini terjadi karena sejumlah persyaratan yang masih begitu rumit sehingga para pelaku UMKM enggan masuk ke bursa saham.

“Tidak banyak UMKM yang go publik karena persyaratan yang diterapkan terkait aset yang dimiliki UMKM,” lanjutnya.

Sebagai informasi, saat ini perusahaan kecil yang akan melakukan Initial Public Offering harus memiliki aset minimal Rp 5 miliar serta sudah beroperasi minimal 12 bulan. Menurut Bambang yang terpenting adalah kesiapan para pelaku UMKM itu sendiri.

Baca Lainnya: Kemen PPPA: 60 Persen UKM Nasional Dijalankan Oleh Perempuan

Bambang menginginkan para pelaku UMKM harus memiliki kualitas baik agar bisa naik kelas dan lebih mengembangkan usahanya dengan begitu sektor UMKM lokal lebih menggeliat.

“Sudah saatnya UMKM mendapat kesempatan melantai di pasar bursa melihat besarnya prospek serta dukungan yang berlanjutan untuk sektor UMKM dalam negeri,” ungap Bambang. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: