Jalankan Program Pembangunan Desa Mandiri, Kemendes Beri Pendampingan Petani Rumput Laut

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
04 Mei 2018   10:45

Komentar
Jalankan Program Pembangunan Desa Mandiri, Kemendes Beri Pendampingan Petani Rumput Laut

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), saat ini terus melakukan pendampingan secara terpadu bagi para petani rumput laut terutama di Papua dan Papua Barat. Langkah pendampingan tersebut adalah bagian dari Program Pembangunan Desa Mandiri (PPDM) yang telah dicanangkan sebelumnya.

Pendampingan yang dilaksanakan pihak Kemendes PDTT meliputi aspek nonteknis kelembagaan, pemberdayaan, hingga mendorong penguatan pemasaran hasil budi daya serta pengolahan komoditas kelompok tani.

Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Teknologi Tepat Guna (TTG), Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Mayarakat Desa (PPMD) Kemendes, Suprapedi menyebutkan, pihaknya juga melakukan penguatan kepada BUM-Kam (Badan Usaha Milik Kampung).

Baca Lainnya: Pertumbuhan IKM Tahun 2018 Meningkat 5,25 Persen, Ini Rinciannya

"Disini kita harus berpihak pada petani dan nelayan yang selama ini telah bekerja keras dengan segala tantangan dan resikonya, paparnya dalam siaran pers, Jumat (4/5).

Khusus untuk komoditi rumput laut, ia menerangkan jika perputaran uang saat panen hanya memerlukan total waktu sekitar 40 hingga 45 hari saja, dan secara signifikan, hal itu bisa meningkatkan kesejahteraan petani rumput laut di setiap kampung.

Saat ini, Pemerintah juga turut melakukan pendekatan ekstra, dalm upaya memperbaiki pola rantai niaga yang memberi dampak pada peningkatan kesejahteraan petani.

Baca Lainnya: Dari 166 Desa di Temanggung Baru 98 Desa Bentuk BUMDes

"Kita memfasilitasi berbagai terobosannya, termasuk perluasan pasar komoditas pertanian dan budi daya, demi peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan di Tanah Papua," tambahnya.

Dari hasil pantauan Program Pembangunan Desa Mandiri, kisaran harga normal rumput laut di pasaran saat ini sekitar Rp 12 ribu hingga Rp 20 ribu per kilogram. Bahkan beberapa konsumen mengaku pernah membeli dengan harga Rp 24 ribu per kg di bulan-bulan tertentu. Sementara para petani hanya mendapat harga jual hasil panen mereka yang dihargai Rp 5.000 hingga Rp 8.000 saja untuk setiap kilogram. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: