Toko Trubus AgroEdutainment Jadi Inspirasi Kelompok Tani Asia Tenggara

TrubusNews
Trubus Preneur
26 Agu 2017   18:00 WIB

Komentar
Toko Trubus AgroEdutainment Jadi Inspirasi Kelompok Tani Asia Tenggara

Kelompok tani Asia Tenggara saat berkunjung ke Toko Trubus Cimanggis. (Foto : Foto: Trubus.id/ Wilona Octora)

Trubus.id -- Toko Trubus AgroEdutainment di Cimanggis, Depok, Jawa Barat baru saja kedatangan 65 tamu dari beragam negara di Asia Tenggara, mulai dari Laos, Kamboja, Filipina, Malaysia, Vietnam, termasuk Indonesia pada Sabtu, 26 Agustus 2017.

Mereka adalah rombongan kelompok tani yang dibawa oleh Bina Desa dan The Asian Partnership for the Development of Human Resources in Rural Asia (Asia-DHRRA).

Awalnya kelompok tani ini memang sedang berkunjung ke Bina Swadaya untuk mempelajari perspektif bisnis sosial dari Bambang Ismawan. Seusai kunjungan, mereka pun berjalan kaki bersama dari Wisma Hijau menuju Toko Trubus yang jaraknya sekitar 300 meter.

Melihat Toko Trubus yang penuh dengan tanaman, para kelompok tani ini pun tercengang sekaligus antusias. Mereka selalu menyentuh setiap tanaman di sana, berfoto, bahkan mereka juga enggak lupa belanja beberapa item sebagai cendera mata.

Yustina Erna Widyastuti selaku Direktur Trubus Mitra Swadaya menyampaikan, “Petani Kamboja dan Laos tadi ada loh yang terinspirasi dengan Toko Trubus. Mereka mau bikin tempat serupa Toko Trubus di negaranya masing-masing".

Selama ini, para kelompok tani Asia Tenggara umumnya berpaku pada sistem pertanian yang dijalankan di Thailand. Mereka enggak sadar kalau Indonesia pun ternyata punya toko pertanian yang keren seperti Toko Trubus AgroEdutainment.

“Saya sangat suka Toko Trubus, karena tidak hanya menjual tanaman, tapi lengkap juga dengan alat-alat pertanian hingga pupuknya,” kata Boonma Phoumin, peserta dari Laos kepada Trubus.id.

Afdhal dari Komunitas Petani Alam Kabupaten Agam di Sumatera Barat juga enggak sabar ingin mendiskusikan idenya membuat toko tanaman seperti Trubus. Itu karena dirinya tidak pernah menemukan toko pertanian yang menjual lengkap semua perlengkapan, mulai dari bibit pertanian, pupuk, hingga alat pendukung lainnya.

Yustina pun menyampaikan harapannya, “Semoga kunjungan seperti ini tidak hanya menginspirasi, tapi juga turut memajukan Toko Trubus agar jadi lebih baik lagi. Ada juga peserta yang ingin mengundang Toko Trubus ketika negaranya mengadakan acara pertanian". [WO/DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: