Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemerintah Siapkan Skema KUR Pariwisata

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
29 Juni 2018   18:30

Komentar
Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Pemerintah Siapkan Skema KUR Pariwisata

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Saat ini, pemerintah tengah menyiapkan skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, serta mendorong kinerja sektor pariwisata.

"Ini sudah sepakat semua, Pak Menko, OJK, BI dan perbankan, nanti akan ada KUR khusus pariwisata," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya ketika ditemui awak media seusai rakor pengembangan investasi sektor pariwisata di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (29/6).

Baca Lainnya: Ketua INASGOC: Asian Games 2018 Dorong Sektor Pariwisata

Ia menjelaskan, saat ini industri pariwisata tidak mendapatkan bantuan kredit secara langsung, dalam mengembangkan usaha. Kemudian porsinya juga masih sangat minim dibandingkan penyaluran kredit ke industri lainnya.

"Total kredit, tidak harus KUR, yang disalurkan ke pariwisata, hanya sebanyak tiga persen dari total kredit. Itu saya minta ditambahkan," sambungnya.

Arief menambahkan, pihak terkait sedang melakukan standarisasi nomenklatur, dalam penyaluran KUR agar sektor pariwisata bisa memperoleh kemudahan dalam mendorong usaha serta meningkatkan kegiatan ekonominya.

Baca Lainnya: Kadis Budpar Minahasa Kaji Danau Tondano Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

"Kita sepakat nomenklaturnya, kita standarisasi, karena di pariwisata ini ada beberapa subsektor, seperti hotel, restoran, cafe, lalu kita buat juga homestay," sambung Arief.

Ia berharap, dengan rencana penyaluran KUR untuk sektor pariwisata, bisa segera melalui tahapan finalisasi sehingga pada bulan Juli 2018 bisa disalurkan, setelah adanya penerbitan aturan pelaksanaan untuk penyaluran KUR industri pariwisata. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: