Presiden Jokowi Ingin Pelaku UMKM Cepat Adaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
22 Juni 2018   21:00

Komentar
Presiden Jokowi Ingin Pelaku UMKM Cepat Adaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0

Presiden Jokowi (Foto : Foto : Trubus.id/Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi), meminta agar para pengusaha UMKM saat ini bisa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0.

Ia berpesan, setiap pengusaha harus bisa menyesuaikan dan tidak ketergantungan berjualan langsung, tetapi lebih kepada sistem jualan online atau daring.

"Saya titip, ada revolusi industri 4.0 yang perubahannya sangat cepat sekali, saya titip UMKM ini segera cepat menyesuaikan jangan ketergantungan jualan langsung, karena sekarang ada jualan online," papar Jokowi di depan ribuan pengusaha di Jatim Expo, Surabaya, Jumat (22/6).

Baca Lainnya: UKM Expo Solo Targetkan Produk Kelurahan Go Nasional

Jokowi memberikan contoh, berjualan melalui online dapat dilakukan lewat berbagai aplikasi dan media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Kemudian upaya promosi bisa dilakukan melalui Youtube. 

"Jualan online kan bisa lewat Facebook, Instagram, bisa lewat itu. Silakan gunakan sosial media, bisa promosi dan barang-barangnya bisa dipromosikan dari Youtube," imbuhnya. 

Baca Lainnya: Pemerintah Targetkan UKM Raih Omzet Besar di 2 Event Akbar Ini

"Saya titip bapak ibu semuanya melakukan perubahan seperti ini, jadi mempromosikan barang-barangnya lewat online," sambungnya. 

Hal tersebut menjadi penting dilakukan karena saat ini, sudah banyak negara yang mulai menggunakan teknologi robot untuk menunjang kinerja manusia. Maka dari itu Jokowi menginginkan masyarakat Indonesia tidak boleh ketinggalan, salah satunya dengan cara mulai berjualan secara online tadi. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: