Menteri Desa PDTT Dukung Program Prukades di Kabupaten Demak

TrubusNews
Thomas Aquinus
02 Juni 2018   16:00 WIB

Komentar
Menteri Desa PDTT Dukung Program Prukades di Kabupaten Demak

Menteri Eko saat melakukan kunjungan di Kabupaten Demak (Foto : Foto: Dok Kemendes PDTT)

Trubus.id -- Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Sandjojo bersama Bupati Demak M. Natsir berdialog dengan para kepala desa dan pendamping desa di Gelanggang Olahraga Pancasila, Demak, Jawa Tengah, Jumat (1/6). Pertemuan yang termasuk dalam rangkaian program kegiatan Jelajah Desa Ramadan 2018 ini Menteri Eko mendorong agar kabupaten Demak ikut dalam program Prukades.

“Di tahun 2018 sekarang di kabupaten Demak tadi saya dapat masukan dari Pak Bupati, Demak itu sebetulnya kaya di buah-buahan, lumbung beras, sekarang mulai jagung, juga ada udang. Nah itu nanti kita akan bikin Prokus (Program Khusus) Prukades untuk fokus dan kita akan link-kan dengan Kementrian terkait, dunia usaha dan perbankan seperti daerah lainnya,” jelas Eko.

Baca Lainnya: Prukades Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo

Terkait dengan program Prukades di Kabupaten Demak sendiri, Eko menyampaikan sudah ada beberapa produk unggulan yang disampaikan Bupati kepadanya untuk dijalankan pada program Prukades. 

“Tapi tadi beliau mengatakan minggu depan mau ketemu saya mau ngasih produk unggulannya. Jadi nanti akan ada seperti tambak udang akan kita link dengan CV Prima, terus ada jambu nanti kita link-kan dengan indofood atau yang lainnya dan berasnya tadi saya cek sudah cukup,” ujarnya.

Baca Lainnya: Mendes PDTT Kagum dengan Program Prukades di Gorontalo

Kepada Trubus.id Bupati Demak menyampaikan beberapa produk unggulan yang sudah diserahkan ke Kementerian Desa PDTT dan tinggal menunggu apa saja yang akan dipilih nantinya.

“Pertanian, pertanian ada sendiri seperti palawija, padi, jagung ini yang sudah sodorkan mana yang paling baik. UMKM juga kita ajukan, jadi nanti kita tinggal nunggu saja,” katanya.

Seperti kita ketahui, Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) merupakan langkah memajukan desa dengan menciptakan produk unggulan desa. Prukades sendiri adalah program pertama dari empat prioritas yang dicanangkan Kementerian Desa, Pembangunan daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) dalam Program Dana Desa. [NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: