5  Kunci Utama Cara Budi Daya Ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan

TrubusNews
Ihsan Maulana
24 Mei 2018   16:00 WIB

Komentar
5  Kunci Utama Cara Budi Daya Ikan dari Dinas Kelautan dan Perikanan

ikan lele, ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Jogja, terus mengimbau kepada para pembudi daya ikan di sana, agar  meningkatkan manajemen kesehatan ikan. Tujuannya untuk menurunkan potensi kematian ikan.

Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Leo Handoko menyebutkan, setidaknya ada lima kunci pemeliharaan ikan, yakni kolam, benih, genetik ikan, penyakit, serta permodalan dan pemasaran pasca panen.

"Jadi semua kunci itu harus saling berkaitan erat dalam kesuksesan pembudidaya. Salah satu kunci yaitu penyakit, bisa menjadi penyebab kegagalan misalnya budi daya lele," papar Leo di Kulon Progo, Kamis (24/5).

Baca Lainnya: Satu Juta Peternak Siap Bermitra dengan Pengusaha, Minat?

Ia mengungkapkan, pencegahan utama yang sering dibaikan yaitu biosekuriti. Biosekuriti sendiri merupakan salah satu pencegahan agar penyakit tidak masuk ke area perikanan. Hama burung pun bisa menjadi media penularan penyakit ke ikan, maka dari itu harus dicegah masuk ke area perikanan.

Manajemen kualitas air juga jangan disepelekan, dan penggunaan probiotik secara rutin dianjurkan untuk menjaga kualitas air. Untuk penyakit ikan lele yang perlu diwaspadai adalah infeksi bakteri Aeromonas dan Edwarsiella, kemudian berbagai parasit seperti Ich, cacing, dan Tricodina.

Baca Lainnya: Di Tengah Lumbung Padi, Cahyadi Kembangkan Peternakan Kelinci

"Jika  pembudi daya ikan sudah memperhatikan manajemen kesehatan ikan, maka dapat dipastikan tidak akan ada penyakit yang menyerang ikan mereka," paparnya.

Di sisi lain, pembudi daya ikan di Wates, Wagiran menyatakan kebutuhan ikan lele di DIY, saat ini belum bisa sepenuhnya dipasok oleh peternak lokal.

"Nah inilah yang menjadi tantangan sekaligus peluang yang menggiurkan bagi para pembudidaya lele di Kulon Progo," tutup Leo. [KW]

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Pendamping Sosial adalah Ujung Tombak Kementerian Sosial

Pendampingan   14 Des 2019 - 09:01 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: