Menperin Airlangga Apresiasi APKASI Turut Mendorong Pengembangan IKM Nasional

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
23 Mei 2018   18:00

Komentar
Menperin Airlangga Apresiasi APKASI Turut Mendorong Pengembangan IKM Nasional

Ilustrasi (Foto : Foto: Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Dalam pembukaan acara Pameran Industri Kreatif 2018, di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto turut memberikan apresiasinya kepada Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang turut serta  mendorong pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Nasional.

“Dalam pameran ini, kami juga berterima kasih pada Pemerintah Kabupaten Bantul, yang membawa para pengrajin andalannya untuk menampilkan berbagai produk kreatif unggulannya. Dari total ekspor produk APKASI yang mencapai Rp2 triliun, Bantul memberikan kontribusi cukup besar hingga hampir Rp1 triliun,” ujar Airlanga dalam pidato pembukaan acara, Selasa (22/5).

Baca Lainnya: 65 Pelaku IKM di Sumut Peroleh Bantuan Alat Produksi

Sementara itu, pameran yang dilaksanakan selama empat hari, dari tanggal 22 sampai 25 Mei ini  diikuti sebanyak 44 pelaku IKM binaan Pemerintah Kabupaten Bantul. Mereka juga menggelar acara diskusi, peragaan busana, dan kesenian Campur Sari.

Bupati Bantul yang juga selaku Ketua Bidang Ekonomi Kreatif APKASI Suharsono menyebutkan, pihaknya berharap agar Kemenperin supaya terus mendukung program pengembangan IKM Bantul agar semakin produktif dan berdaya saing tinggi. Dengan itu, ia meyakini jika penguatan industri kreatif mampu menyangga perekonomian daerah dan nasional.

Baca Lainnya: Pertumbuhan IKM Tahun 2018 Meningkat 5,25 Persen, Ini Rinciannya

“Pada 2017, ekspor kriya Bantul sudah mencapai USD 77 juta. Selain fasilitasi pembiayaan serta pelatihan teknis dan manajemen, kami juga ingin diwadahi dalam penyelenggaraan pameran sebagai upaya lebih memperkenalkan produk-produk IKM unggulan kami," imbuhnya.

Selanjutnya, dengan melalui kegiatan promosi baik online maupun offline, Suharosno optimistis upaya tersebut dapat meningkatkan nilai ekspor produk IKM Bantul kedepannya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: