Ekonomi Kreatif, Fokus Indonesia untuk MIKTA

TrubusPreneur
By Binsar Marulitua | Followers 0
23 Mei 2018   08:00

Komentar
Ekonomi Kreatif, Fokus Indonesia untuk MIKTA

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri. (Foto : Foto: Dok. Setkab)

Trubus.id -- Pemerintah Indonesia memfokuskan kerja sama ekonomi kreatif untuk kelompok negara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia (MIKTA). Sebagai Ketua MIKTA 2018, Indonesia mengusung tema "Fostering Creative Economy and Contributing to Global Peace".

Pada Senin (21/5) kemarin, Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi memimpin pertemuan ke-12 menteri luar negeri MIKTA di sela-sela pertemuan menteri luar negeri G-20 di Palacio San Martin, Buenos Aires, Argentina. MIKTA merupakan forum konsultasi lima negara yang dibentuk pada 2013 oleh Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, serta Australia.

Dalam pertemuan itu, Retno menyampaikan berbagai langkah dan kegiatan yang telah dan akan dilakukan Indonesia untuk memajukan kerja sama MIKTA. Misalkan dalam bidang kontra terorisme dan keamanan global; ekonomi dan perdagangan, khususnya ekonomi kreatif; dan peningkatan kapasitas pasukan perdamaian.

Baca Lainnya: Kemenkop UKM Berikan Pendampingan Pelaku Usaha Kreatif Banyuwangi

Selama ini, Indonesia terus berupaya meningkatkan pengetahuan publik dan mendekatkan MIKTA dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan, seperti "MIKTA goes to campus" dan seminar.

"Melalui kerja sama di bidang sosial budaya dan melibatkan sektor swasta, MIKTA telah berupaya memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Untuk itu, MIKTA juga harus meningkatkan awareness agar berbagai kegiatan MIKTA diketahui masyarakat," ujar Retno.

Sejalan dengan tema yang diusung Indonesia sebagai ketua MIKTA mengenai ekonomi kreatif, perempuan berkacamata ini menyampaikan rencana Indonesia untuk mengadakan kegiatan "World Conference on Creative Economy" (WCCE) pada November 2018.

Baca Lainnya: Pengurus BUMDes Pesibar Lampung Sosialisasi Pengelolaan Anggaran

Terkait hal itu, ia meminta agar semua anggota MIKTA dapat ikut serta secara aktif menunjukan kemajuan ekonomi kreatif di negara-negara anggota MIKTA. Di kegiatan itu juga, semua menteri luar negeri bertukar pikiran mengenai perkembangan berbagai isu kawasan dan global.

Beberapa isu yang mendapat perhatian para menteri ialah perkembangan situasi di semenanjung Korea, situasi di Timur Tengah khususnya Palestina dan Suriah, Rakhine State, situasi dan hasil pemilu di Venezuela, serta situasi perekonomian global dan sistem perdagangan multilateral.

Tujuan MIKTA ialah memperjuangkan kepentingan bersama untuk memperkuat multilateralisme, mendukung struktur pemerintahan global yang efektif, serta memberikan dukungan terhadap stabilitas dan kesejahteraan global. [DF]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: