PMI Siap Dampingi Respon Tanggap Darurat Gunung Merapi

TrubusNews
Thomas Aquinus
22 Mei 2018   17:00 WIB

Komentar
PMI Siap Dampingi Respon Tanggap Darurat Gunung Merapi

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id – Merespon gunung Merapi yang erupsi tadi malam, Selasa (22/5), Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyiagakan personel relawan yang tersebar di beberapa wilayah. PMI siap mendampingi proses penanganan respon tanggap darurat Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.

“Sebagian relawan sudah kami turunkan ke lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Merapi. Seperti membagikan dan edukasi pemakaian masker kepada warga yang mengungsi,” ujar Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi, Selasa (22/5).

Baca Lainnya: Status Waspada, 1.522 Warga di Sekitar Merapi Sempat Mengungsi

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi meningkat dan ditandai dengan beruntunnya letusan freatik yang diikuti dengan kegempaan. Hal terebut membuat statusnya dari normal (level I) menjadi waspada (level II) yang berlaku sejak Senin (21/5/2018) pukul 23.00 WIB.

Naiknya status menjadi waspada, maka penduduk yang berada di dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi, harus dikosongkan dan tidak boleh ada aktivitas. Sementara itu, kegiatan pendakian untuk sementara dilarang kecuali untuk kegiatan penyelidikan dan penelitian terkait mitigasi bencana.

Baca Lainnya: Status Gunung Merapi Waspada, Sultan HB X Minta Masyarakat Tidak Panik

Pihak PMI yang diturunkan pun membantu proses evakuasi warga yang berada di radius berbahaya. Berkoordinasi dengan TNI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas dan relawan lainnya.

“Pemberian bantuan ini untuk meminimalisasi dampak bencana tersebut. Di lokasi pengungsian kami sudah membuka posko dan dapur umum untuk warga,” katanya.

Arifin mengungkapkan, untuk relawan yang ada di daerah, salah satunya Sukabumi, juga harus siaga. Jika nanti ada perintah untuk diperbantukan atau BKO (Bantuan Kendali Operasi).

Baca Lainnya: Ini Alasan BPPTKG Tingkatkan Status Gunung Merapi dari Normal Jadi Waspada

Sementara itu, Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana menyatakan, pihaknya sudah bersiap jika ditugaskan untuk membantu relawan lainnya di lokasi bencana erupsi Gunung Merapi.

“Kami saat ini tengah bersiaga. Jika diminta untuk diperbantukan tentunya pasti berangkat untuk operasi kemanusiaan ini,” ujarnya, seperti dilansir dari Antara. [NN]


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Industri Batik dan Kerajinan Perlu Dipoles Teknologi Modern

Pendampingan   12 Okt 2020 - 10:24 WIB
Bagikan:          

Berdayakan Ekonomi Warga Melalui Bank Sampah

Pendampingan   11 Sep 2020 - 14:09 WIB
Bagikan:          
Bagikan: