40 Pendamping Siap Bimbing Koperasi dan UKM di Sulut

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
21 Mei 2018   21:00

Komentar
40 Pendamping Siap Bimbing Koperasi dan UKM di Sulut

Koperasi (Foto : Graphic: Trubus.id)

Trubus.id -- Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Happy Korah mengatakan, ada 40 pendamping di Sulut dipilih untuk memberikan pendampingan kepada Koperasi. “Diharapkan dapat menghidupkan koperasi dan UKM di kabupaten/kota masing-masing,” katanya.

Dia mengingatkan, pendamping koperasi dan UKM tersebut bukannya bebas dan bisa semena-mena dalam pekerjaannya. “Pendamping koperasi dan UKM ini perlu melaporkan kinerjanya. Apapun yang nanti mereka temukan di lapangan wajib dilaporkan untuk ditindak lanjuti bersama dengan dinas di kabupaten/kota,” jelas Korah.

Baca Lainnya: Gerakan Inovasi Koperasi UKM Kulon Progo Raih Pengakuan Dunia

Selain itu, pendamping harus melakukan pendataan di tempat masing-masing. “Jadi ada berapa banyak koperasi dan UKM di kabupaten/kota, semua laporan itu harus dimasukkan. Karena dengan dasar itu honor mereka diberikan,” sebut Korah.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Sulut ini mengungkapkan, mulai bulan Mei ini pendamping sudah resmi sudah bekerja. “Dengan masa kerja mereka hingga tahun depan, diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal bagi masyarakat khususnya koperasi dan UKM yang ada,” kata Korah.

Sementara itu, pengamat ekonomi Sulut Robert Winerungan berharap, pendamping yang sudah disiapkan ini selain bekerja dalam memberikan laporan, juga harus menjadi motivator. “Diharap jadi motivator untuk meningkatkan kinerja usaha koperasi dan UKM, minimal seperti itu,” kata Winerungan.

Baca Lainnya: Pendidikan Berkelanjutan Kunci Sukses Koperasi

Dia menilai, kondisi koperasi dan UKM saat ini sedang susah. Perlu ada dukungan untuk maju. “Mereka butuh peran pemerintah untuk bisa eksis lagi, karena bagaimanapun penyerapan tenaga kerja paling banyak ada di situ,” imbuhnya.

Apabila koperasi dan UKM bisa maju, dia melanjutkan, akan sangat menolong pemerintah. “Perhatikan kualitas, hasil, dan penjualan produksinya, UKM akan jadi bagus apabila ada pendamping, dibiayai negara pastinya harus memberikan prospek yang baik,” kata akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unima ini. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: