Ini Dia 4 Kunci Menjadi Entrepreneur Menurut Dima Djani

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
21 Mei 2018   18:30

Komentar
Ini Dia 4 Kunci Menjadi Entrepreneur Menurut Dima Djani

Dima Djani, founder Alami (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Dima Djani, founder Alami, yang melepaskan statusnya sebagai karyawan dan menjadi seorang pengusaha di bidang financial technology (fintech) mengungkapkan, menumbuhkan jiwa kewirausahaan memang tidak mudah. Namun, hal itu dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor pendidikan dan wawasan.

Terbiasa menjadi seorang karyawan, kemudian harus terjun menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang mudah. Beradaptasi dengan dunia bisnis usai berkecimpung di dunia pekerja juga membutuhkan waktu. Seperti dilansir dari Wartaekonomicom, menurut Dima, sebelum seseorang menerjunkan dirinya ke dunia bisnis, ada baiknya memahami 3 hal berikut.

1. Persiapan Matang

Bisnis harus dijalankan dengan persiapan yang matang. Ini akan berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis Anda. Model "me too" business adalah bisnis yang bisa dikatakan sebagai model bisnis yang kurang persiapan. Menurutnya, model bisnis seperti itu terlihat hanya seperti copy paste. Namun, bukan berarti model "me too" business haram untuk diterapkan oleh seorang startup. Ada juga startup yang sudah melakukan persiapan dengan matang, ternyata di final masih terlihat seperti "me too".

2. Modal

Memulai bisnis tanpa memikirkan modal juga langkah yang salah. Setelah mempunyai ide, langkah selanjutnya adalah permodalan. Modal adalah sesuatu yang membuat bisnis dapat berjalan dengan kencang. Tanpa modal, kamu hanya akan menunggu keajaiban.

3. Pilih Investor

Daripada pilih investor, berusahalah untuk mendapatkan investor yang bisa berkontribusi positif untuk perkembangan bisnis kamu. Jadi, tidak hanya memberi pendanaan, tetapi juga bisa membantu bisnis kamu untuk berkembang.

4. Jangan Takut Minta Bantuan

Menjadi entrepreneur bukan berarti sudah mampu berdiri sendiri dan melakukan berbagai hal sendiri. Seorang entrepreneur tetap tidak bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Tidak mungkin semua bidang dapat kamu kuasai. Tidak perlu gengsi atau malu untuk meminta bantuan orang lain agar bisnis kamu tetap tumbuh dan berkembang sesuai harapan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: