Pengamat Pertanian Nilai Pengembangan SDM Petani Kopi Flores Belum Optimal

TrubusPreneur
By Ihsan Maulana | Followers 0
18 Mei 2018   12:00

Komentar
Pengamat Pertanian Nilai Pengembangan SDM Petani Kopi Flores Belum Optimal

Ilustrasi (Foto : Foto: Pixabay/ Couleur)

Trubus.id -- Pengamat pertanian dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Leta Rafel Levis menyebutkan, pengembangan sumber daya manusia (SDM) petani kopi Flores belum dilakukan maksimal.

"Secara alamiah, Flores memang memiliki potensi yang sangat tinggi untuk tanaman kopi. Tapi sejauh ini pola pengembangan produktivitas kopi dan pengembangan SDM petani nyatanya belum dilakukan secara baik," ujar Leta kepada awak media di Kupang, Jumat (18/5).

Ia mengungkapkan, jika potensi yang besar itu tidak diiringi dengan peningkatan SDM dalam rangka menggenjot produktivitasnya.

Baca Lainnya: 6 Tips Membuat Kopi Jadi Lebih Sehat

"Kita lemah dalam pengembangan pendidikan untuk para petani, untuk bisa mengembangan tanaman kopi ini dan meningkatkan produktivitas tanamannya. Konsistensi kebijakan pemerintah dalam memberikan insentif bagi petani kopi juga belum ada," tambahnya.

Selain itu, ia juga menyoroti masih belum seriusnya upaya intensifikasi dan diversifikasi produk kopi oleh petani dan pemerintah. Sehingga tidak heran jika kopi yang ada saat ini masih di produksi secara alamiah saja.

Ia menilai, pemerintah sudah harus meyakinkan para petani kopi, jika dengan menanam kopi hidup mereka bisa lebih sejahtera.

Baca Lainnya: Kemenperin Beri Bantuan Mesin Guna Dukung Daya Saing Industri Kopi di Temanggung

"Jadi kisah sukses tentang petani kopi yang berhasil perlu ditunjukkan kepada petani-petani muda, supaya mereka termotivasi jadi petani kopi," tandasnya.

Jika langkah ini tidak segera dilakukan, maka tidak mustahil jika suatu saat ketenara Kopi Arabika Flores yang sudah melanglang buana dikenal dunia tinggal jadi kenangan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: