Penyandang Tunanetra Sumut Berharap Lebih Diperhatikan Pemerintah

TrubusPreneur
By | Followers
18 Mei 2018   09:15

Komentar
Penyandang Tunanetra Sumut Berharap Lebih Diperhatikan Pemerintah

Pertuni Sumut lakukan tadarusan di buan Ramadan (Foto : Foto: Reza Perdana)

Trubus.id - Lantunan ayat suci Alquran terdengar merdu di area Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Provinsi Sumatera Utara, Jalan Sampul, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah, Kamis (17/5/2018) sore.

Puluhan penyandang tunanetra saling berganti membaca ayat suci Alquran braille. Kegiatan tadarus-an yang dilakukan para penyandang tunanetra di bawah naungan Pertuni ini, untuk mengisi waktu dalam melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan.

Ketua DPD Pertuni Sumut, Khairul Batubara mengatakan, tadarus-an rutin dilakukan para penyandang tunanetra dalam setiap bulan suci Ramadan. Khairul berharap, Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap para penyandang tunanetra di Sumut.

"Selaku pengurus, saya harap Pemerintah memberi perhatian lebih terhadap para penyandang tunanetra ini," kata Khairul, Kamis (17/5/2015).

Khairul menyebut, sejak terbitnya Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 disebutkan, penyandang disabilitas tunanetra harus mempunyai kesempatan yang sama, hak yang sama dan kewajiban yang sama. 

"Namun, saya melihat, Undang-Undang itu belum ada implementasinya. Belum ada sama sekali," sebutnya.

Khairul mengungkapkan, saat ini banyak tukang pijat penyandang tunanetra sudah tidak begitu digemari, dan banyak yang beralih menjadi tukang jual kerupuk. Bahkan ada yang menyanyi di tempat-tempat SPBU.

Menurutnya, semua itu adalah sebuah keterpaksaan. Karena para penyandang tunanetra seperti dirinya tidak pernah menganjurkan anggota untuk menjadi pengemis atau peminta-minta. Apalagi di bulan suci Ramadan. 

"Kami sangat berharap uluran tangan dari berbagai pihak. Terlebih Pemerintah di Sumut," tandas Khairul. (RP)

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: