Simak Tips Kiat UKM Supaya Naik Kelas

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
16 Mei 2018   15:30

Komentar
Simak Tips Kiat UKM Supaya Naik Kelas

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Cita – cita Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar naik kelas akan sulit tercapai jika tidak ada jalan keluar dari masalah permodalan dan kurangnya kreatifitas jenis usahanya. 
Namun, bagi yang jeli dan tekun menjalankan usaha, tentu akan melihat terbukanya peluang untuk mendapatkan modal dan melakukan ekspansi. Dimulai dari hal-hal kecil, UKM bisa membawa usahanya untuk naik kelas.

Berikut adalah cara  sederhana menurut Pinpin Bhaktiar (43), seorang pengusaha di bidang properti yang juga founder dari Entrepreneur Club Indonesia (ECI). Seperti dilansir dari Wartaekonomi, Pinpin Bhaktiar memberikan beberapa tips yang mesti dilakukan UKM agar usahanya naik kelas.

1. Perbaiki Produk

Pelaku UKM harus berinisiatif untuk terus memperbaiki kualitas produknya, seperti memperbaiki kualitas dan tampilan packaging agar lebih menarik. Kemudian, rajin melakukan branding agar brand bisa lebih luas dikenal pasar. Dengan demikian, penjualan produk tidak lagi sulit dilakukan UKM.

2. Perbaiki Service

Service merupakan hal penting dalam berbisnis. Benar bahwa konsumen memiliki kriteria beragam dan tidak jarang yang memancing kemarahan ketika melakukan transaksi. Namun, pahamilah bahwa dalam dunia bisnis, service menjadi hal utama yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha.
Service dapat memberikan kesan yang berarti bagi pelanggan.

Pinpin mengambil contoh bahwa orang akan senang ketika memasuki hotel bintang 5 dikarenakan service-nya yang baik. Ini adalah bukti bahwa service mampu membuat pelanggan nyaman dan tertarik untuk datang kembali. Produk bagus, namun serviceminus maka jangan berharap dapat pelanggan setia. Ingat, yang menjual produk seperti Anda bukanlah Anda sendiri. Pesaing Anda sangat banyak.

3. Lakukan Inovasi

Untuk bisa berkembang atau naik kelas, pelaku UKM sebaiknya tidak berhenti untuk berinovasi. Jangan mudah puas dengan hasil yang sudah didapatkan. Misalnya, bisnis awal hanyalah satu jenis, maka untuk melakukan pengembangan dapat dilakukan dengan menambah produk atau membuat varian baru. Dengan begitu, penghasilan pun akan bertambah. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Koperasi Solusi Pemerataan Perekonomian Nasional

Thomas Aquinus   Keuangan Mikro
Bagikan:          
Bagikan: