65 Pelaku IKM di Sumut Peroleh Bantuan Alat Produksi

TrubusPreneur
By Thomas Aquinus | Followers 2
16 Mei 2018   19:00

Komentar
65 Pelaku IKM di Sumut Peroleh Bantuan Alat Produksi

Ilustrasi (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan anggota DPR Dapil Sumut H. Irmadi Lubis memberikan bantuan alat untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Ada 65 pelaku IKM dari empat kabupaten/kota di Sumut yang memperoleh alat untuk kembangkan usaha.

Salah satunya petani di Kabupaten Deliserdang, Ana Tarigan mengungkapkan bersyukur mendapatkan bantuan mesin pengolahan pupuk organik. Kedepannya Ana berjanji akan memanfaatkan mesin untuk kemajuan pengelolaan pupuk organik.

"Alhamdulilah bersyukur kali dapat bantuan mesin pengolahan pupuk organik. Selama ini kami kelola pupuk secara tradisional. Jadi sangat bermanfaat untuk menambah produksi pupuk," ujarnya saat pemberian bantuan di Hotel Soechi Medan, Rabu (16/5).

Baca Lainnya: Kesulitan Bahan Baku, Desperindag Jabar Gelar Bimtek Kepada IKM Kulit di Garut

Menurutnya, selama ini rintis usaha mengelola usaha pembuatan pupuk sangat letih. Apalagi, mereka menggunakan dengan cara tradisional. 

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Sabaruddin, pedagang bakso di Kabupaten Serdangbedagai. Dirinya menerima bantuan mesin pembuatan bakso  dan mengikuti pelatihan pengelolaan pangan.

"Bersyukur sekali dapat bantuan mesin, jelang Ramadan pula. Jadi, sangat bermanfaat untuk peningkatan usaha. Sebelum dapat bantuan, saya diajak Pak Irmadi pelatihan pengolahan pangan berbahan dasar daging bersama orang Kementerian Perindustrian," jelasnya.

Menurutnya, berbagai materi pelatihan selama ini ni dan alat pengolahan bakso sangat bermanfaat untuk kemajuan usahanya. Selama ini, dia merintis usaha secara sederhana serta kecil-kecilan tanpa memperhatikan kemasan serta teknik pemasaran yang bagus.

Baca Lainnya: Lewat Keluarga Harapan, Presiden Optimistis Angka Kemiskinan Turun

"Saya merasa senang masih ada anggota DPR yang peduli pelaku industri kecil," katanya.

Sementara itu, H. Irmadi Lubis yang diwakili tenaga ahlinya Hj. Alia Maysarah mengungkapkan, pemberian alat diberikan kepada 65 Industri Kecil Menengah (IKM). Selama ini mereka bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk memberikan pelatihan serta bantuan kepada pelaku usaha.

"Tujuan pemberian bantuan alat pada IKM ini agar meningkatkan produksi dan penghasilannya. Kemudian, masyarakat dapat memaksimalkan bantuan ini supaya usahanya berkembang. Dan jangan sampai bantuan yang sudah diberikan tak dipergunakan," jelasnya.

Adapun alat bantuan yang diberikan seperti mesin jahit, mesin kompresor untuk servis sepeda motor. Selanjutnya, mesin pengolahan daging dan mesin pupuk organik. Para pelaku usaha yang dapat bantuan berasal Medan, Deliserdang, Serdangbedagai, Tebingtinggi.

"Jadi pelaku usaha yang memperoleh bantuan berasal dari daerah pemilihan (dapil) H. Irmadi Lubis," ungkapnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: